Selasa, 14 Maret 2023

    Rekomendasi Investasi Aman

    WARNING!! Jangan Investasi bodong. Ada banyak investasi legal yang menguntungkan dan aman kok.

    Robot Trading yang ilegal seperti milik Crazy Rich' Surabaya Wahyu Kenzo pemilik sekaligus founder Robot Trading Auto Trade Gold (ATG) itu telah meraup keuntungan Rp 9 triliun dari 25 ribu korban.  Namun, keuntungan tersebut diperoleh di atas penderitaan masyarakat lain.

    Berikut jenis investasi halal yang bisa dipilih selain Robot Trading ilegal:

    1. Emas

    Emas bisa dijadikan instrumen pilihan untuk taruh duit. Emas merupakan investasi populer dan tradisional. Emas bisa dipilih karena tingkat pengembalian jangka panjangnya cukup menguntungkan. Keuntungan emas dalam lima tahun terakhir mencapai CAGR 7,1% per tahun.

    Saat ini emas bisa dibeli dengan mudah karena bisa dilakukan secara online. Ini bisa mengurangi risiko hilang atau tempat untuk menyimpan emas batangan.


    2. Reksa Dana

    Reksa Dana bisa dibilang sebagai investasi 'palugada' alias 'apa lu mau gue ada'. Sebab reksa dana menawarkan berbagai instrumen investasi dari yang berisiko rendah hingga tinggi dan dari instrumen yang cocok untuk jangka menengah hingga jangka panjang.

    Ada reksa dana pasar uang yang memiliki risiko minim dan cocok untuk investasi di bawah 1 tahun. Kemudian, reksa dana pendapatan tetap atau obligasi yang cocok untuk investasi 1-3 tahun.

    Reksa dana campuran yang cocok buat yang suka risiko sedang. Reksa dana ini bisa diinvestasikan untuk 3-5 tahun. Jika ingin lebih berisiko, bisa pilih reksa dana saham yang cocok untuk investasi jangka panjang atau di atas 5 tahun.

    Returnyang bisa diraih di reksa dana beragam tergantung produk. Semakin minim risiko, return yang bisa diraih akan lebih kecil dibandingkan produk reksa dana yang tinggi risiko.

    3. Saham

    Saham adalah instrumen investasi yang memiliki risiko cukup tinggi dibandingkan dengan dua investasi di atas. Meski demikian tingkat pengembaliannya pun sebanding dengan risiko yang tinggi.

    Untuk pemula, lebih baik memilih saham perusahaan besar yang memiliki kinerja bagus. Tipe saham ini adalah saham-saham bluechips yakni saham dengan kapitalisasi besar dan sebagai pemimpin di sektor. Tentunya dengan aspek fundamental yang tangguh.

    Selain pengembalian yang didapatkan dari jual-beli, berinvestasi di saham juga menawarkan keuntungan dari pembagian dividen. Yakni hasil bagi laba bersih yang didapatkan perusahaan kepada investor.

    4. Obligasi Ritel Negara

    Satu lagi instrumen investasi yang bisa dipilih adalah obligasi ritel negara. Instrumen investasi tersebut memiliki risiko rendah karena milik Pemerintah Indonesia. 

    Meskipun memiliki risiko rendah, obligasi negara menawarkan bunga yang lebih tinggi dari deposito dan inflasi yakni 6%. 

    Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan melalui akun media sosialInstagram pada Selasa (10/1/2023) mengumumkan akan menerbitkan delapan seri SBR.

    Hai kamu! Belanja produk dari Butik Emas ANTAM Official jadi makin mudah di Tokopedia! Cek barang-barang yang kamu suka, yuk.

    Related Posts

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Menyikapi Perkembangan Teknologi dan AI

    Kekhawatiran tentang AI menggantikan pekerjaan manusia memang semakin meningkat. Namun, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk tetap r...

    Populer Post